Wednesday, February 4, 2015

Cara Memperbaiki LCD TV Samsung Terkena Air

Cara Memperbaiki LCD TV Samsung Berbagai Merek - Panduan dan cara memperbaiki lcd tv samsung berbagai merek akan kami sajikan dalam sebuah buku panduan yang sangat lengkap untuk anda dibawah ini.Sebelum anda miliki buku panduan yang akan kami berikan dibawah ini baca terlebih dahulu jenis-jenis lcd tv Samsung yang telah kami rangkumkan semenarik mungkin akan pembaca dapat membedakan kedua jenis layar monitor ini.

Kerusakan Monitor LCD Samsung Syncmaster E1920
LCD TV Samsung Syncmaster E1920

LCD monitor samsung yang kita bedah kali ini, dari casing depan tampak tertulis type syncmaster E1920, sedang di belakang casing tertulis model : E1920NX, Model Code LS19CLYSFN/XD buatan Samsung Seremban Malaysia produksi Juli 2010

Kerusakan yang pernah ditemukan :
  • Mati total
Setelah membuka casing ternyata ditemukan kerusakan yang cukup parah. Pada rangkaian power Supplynya ( Power Board yang digunakan yaitu model : PWI1802PC(A) REV.1.1 ) kami mendapati IC ada yang pecah yaitu pada lokasi IC831. Bahkan kepingan-kepingan komponen IC –nya sudah tidak ditemukan lagi. Pertanyaannya  Apakah cuma mengganti IC ini monitor sudah bisa nyala kembali? Tentu saja tidak, Komponen utama pada rangkaian power supply ini jika kerusakannya sampai meledak pasti menyebabkan komponen lain juga rusak. Sudah dipastikan sekering / fuse putus ! . Dan juga dioda zener jadi rusak, resistor - resistor juga harus diukur multitester dengan teliti.
  •  Setengah Mati
Yang ini kasusnya berbeda dengan mati total diatas, Kelihatannya mati, tapi kalau benar-benar dipelototi ternyata pada lampu power menyala tapi sangat redup, kalau sekitar lampu ditutup telapak tangan mungkin agak sedikit lebih terang nyalanya, karena itu kita sebut saja kerusakannya 'setengah mati " Satu catatan lagi tombol powernya menjadi tidak berfungsi, jadi biarpun ditekan-tekan tombol powernya lampu power tetap menyala terus, seharusnya bisa nyala dan bias mati .

Ok kita mulai cek saja power boardnya.

Setelah diukur, output dari power regulator ini sudah benar yaitu 5,1 volt dan 15,0 volt, berarti tidak ada kerusakan di sini.

Jadi apa kesimpulannya ? Ya benar mainboard/T-Conboard/VGA mainboard-nya yang rusak. Ini terbukti setelah kami pasang dengan mainboard lain yang bagus lcd monitor ini menyala.

Keruskaan Monitor LCD Samsung syncmaster 733NW
LCD TV Samsung syncmaster 733NW
Ini dialami pada lcd monitor SAMSUNG syncmaster 733NW, LCD monitor 10 menit -15 menit menyala, lalu tiba-tiba mati. Dan terjadinya dengan gejala lampu power mati, gambar mati tiba-tiba dan meskipun ditekan-tekan tombol power tetap saja tidak nyala. Tapi kalau kabel power dicabut lalu dipasang lagi, monitor bisa nyala tapi tidak lama mati lagi, begitu seterusnya

Ok kita selidiki penyebabnya :
  1. 1.Buka casing LCD Monitor, siapkan multitester
  2. 2.Nyalakan lcd monitor, tunggu sampai terjadi "kematian"
  3. 3.Nah, pas sedang mati itulah kita ukur dengan multitester, tegangan listrik bagian yang mana yang tidak keluar ( sebelumnya posisi power board dan mainboard diposisikan sedemikian rupa sehingga colokan tester bisa menjangkau bagian mana yang mau diukur )
Dalam kasus ini kami menemukan ketika lcd monitor pas mati , output dari power regulator / rangkaian sekunder tidak ada sama sekali, tetapi pada rangkaian primer tegangan power tetap ada tegangan 220volt - 230 volt. Ini berarti kerusakan pada rangkaian power supply-nya. 
Untuk memperbaiki berbagai jenis monitor lcd teleivisi samsung silahkan anda miliki buku panduannya dibawah ini.
Buku Panduan Memperbaiki LCD TV Lengkap

2 comments: