Thursday, February 5, 2015

Cara Memperbaiki Garis Berwarna Pelangi Pada Layar LCD TV

Cara Memperbaiki Garis Berwarna Pelangi Pada Layar LCD TV - Kerusakan seperti ini biasanya dikenal dengan garis-garis berwarna pada layar atau rainbow screen. Dengan gejala tidak munculnya gambar kecuali garis-garis pada layar TV seperti gambar dibawah ini.
 
Cara Memperbaiki Garis Berwarna Pelangi Rainbow Screen

Bila hal tersebut terjadi pada layar LCD TV Anda berikut langkah-langkah untuk mengatasi masalah garis berwarna atau rainbow screen pada layar
  • Pertama, periksa kabel LVDS dari mainboard ke controller board untuk memastikan kabel tidak longgar. Bila perlu, cabut kabel ini dan ulang pasang kembali dengan tepat dan benar, bila Anda merasa ada kemungkinan kerusakan maka ganti kabel LVDS tersebut.
  • Reseat FPCB dari controller board ke driver board serta periksa sambungan solder pada konektor kabel le board.
  • Periksa sambungan solder dan komponen pada PCB controller. Jika semuanya baik, meskipun hal ini masih bisa menjadi masalah mainboard kemungkinan besar IC controller board atau panel. Lebih mungkin LCD panel memiliki driver board/driver IC yang rusak, tetapi menggunakan prosedur untuk memeriksa mainboard sebelum Anda menghabiskan uang untuk mengganti panel jika Anda benar-benar memutuskan memilih biaya yang ekonomis.
  • Perhatikan bahwa Anda dapat hampir tidak pernah menemukan kerusakan panel LCD saja, tetapi kebanyakan orang menyebut seluruh board ini sebagai panel LCD, tetapi sebenarnya Anda bisa membongkar dan melepas panel LCD yang sebenarnya.
Baiklah, beberapa poin diatas merupakan cara mengatasi atau memperbaiki bila muncul garis berwarna pada layar LCD TV Anda. Apabila semua langkah tersebut sudah dilakukan namun belum juga berhasil bisa dilanjutkan dengan membaca informasi yang lebih lengkap ada pada Buku Panduan Service LCD TV. 
 
Demikianlah artikel mengenai Cara Memperbaiki Garis Berwarna Pelangi Pada Layar LCD TV semoga bermanfaat untuk anda semua jangan lupa tinggalkan sebuah komentar dibawah ini.

4 comments: